Membangun Bisnis Online

Fungsi antioksidan dalam tubuh manusia dan darimana sumbernya?

Posted on: November 1, 2008

Antioksidan merupakan sebutan untuk zat yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Yang termasuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, karotin dan mineral. Secara alami, zat ini sangat besar peranannya pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.

Radikal bebas sebenarnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah akibat dari aktifitas lingkungan. Aktifitas lingkungan yang dapat memunculkan radikal bebas antara lain radiasi, polusi, merokok dan lain sebagainya. Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul lain seperti DNA dan sel. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Dapat dibayangkan jika radikal bebas banyak beredar maka akan banyak pula sel yang rusak. Sialnya, kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker.

Bagaimana antioksidan memerangi radikal bebas? ,antioksidan membantu menghentikan proses perusakan sel dengan cara memberikan elektron kepada radikal bebas. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas sehingga tidak mempunyai kemampuan lagi mencuri elektron dari sel dan DNA. Proses yang terjadi sebenarnya sangat komplek tapi secara sederhana dapat dilukiskan seperti itu.

Beberapa penyakit degeneratif berhubungan erat dengan radikal bebas. Diantaranya, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, pikun, katarak, dan penurunan fungsi kognitif. Proses penuaan dini juga berhubungan dengan radikal bebas. Antioksidan dipercaya mampu untuk mencegah beberapa penyakit ini.

Darimana sumber antioksidan?

Sumber antioksidan bisa dengan mudah kita dapatkan dari makanan. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui bahwa makanan tersebut sebenarnya banyak mengandung antioksidan sehingga mereka membeli suplemen antioksidan yang harganya cukup mahal. Beberapa contoh makanan sumber antioksidan antara lain :

Vitamin A : Wortel, brokoli, sayur hijau, bayam, labu, hati, kentang, telur, aprikot, mangga, susu dan ikan.

Vitamin C : Lada/merica, cabe, peterseli, jambu biji, kiwi, brokoli, taoge, kesemek, pepaya, stroberi, jeruk, lemon, bunga kol, bawang putih, anggur, raspberri, jeruk kepruk, bayam, tomat dan nanas.

Vitamin E : Asparagus, alpukat, buah zaitun, bayam, kacang kacangan, biji bijian, minyak sayur, sereal.

Karotin       : Beta karoten, lutein, likopen, wortel, labu, sayur sayuran hijau, buah buah berwarna merah, tomat, rumput laut.

Polipenol : Buah berri, teh, bir, anggur, minyak zaitun, cokelat, kopi, buah kenari, kacang, kulit buah, buah delima dan minuman anggur.

9 Tanggapan to "Fungsi antioksidan dalam tubuh manusia dan darimana sumbernya?"

thankz..it’s very useful…link to me please

terima kasih, tulisannya membantu saya utk menyikapi pola hidup sehat

terima kasih kembali, senang juga bisa membagi informasi, semoga info bisa bermamfaat.

artikelnya amat sangat berguna…terutama utk para penderita kaknker..

Terima kasih atas komentarnya dan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

apakah kulit buah manggis bisa menyembuhkan penyakit paru2?
dan mengandung antioksidan?

Iya, buah manggis mengandung antioksidan, buah ini berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan yang dikarenakan memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Berdasarkan penelitian Buah Manggis mempunyai bahan aktif biologi yang sangat kaya dengan ANTIOKSIDAN yang tinggi dengan aktivitas yang sangat kuat, selain vitamin, poly-saccharides, stilbenes.
Dan kalau mengenai kulit manggis saya sendiri tidak tahu pasti, tapi dari beberapa bacaan artikel dikatakan bahwa ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, dan bersifat apotosis penghancur sel kanker. Dalam kulitnya mengandung Xanthone yang mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare. Dan untuk lebih jelasnya harap bisa membaca artikel lain yang membahas mamfaat kulit manggis atau mencari info langsung kepada orang yang sudah pernah menggunakannya dan merasakan khasiatnya.
Terima kasih semoga bisa bermanfaat.

Terimakasih atas tulisannya sangat membantu sekali

Ya, terima kasih kembali dan semoga bisa bermanfaat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • online2008: buat .Bpk, Andi Mulya, untuk informasi selengkapnya silakan mendatangi kantor cabang terdekat, atau hubungi 021 -501-88888 terima kasih
  • andi mulyadi: top banksinarmas.. Oy cara mengatifin sms banking banksinarmas gimana nih,, trus di kartu perdana indosat kok ga ad Mbanking nya buat bank sinarmas
  • online2008: Ya, terima kasih kembali dan semoga bisa bermanfaat.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: